TIPS BAGI PARA MAHASISWA

Oleh: DR. Rahmat Soe’oed, MA

Bisa dibilang masa-masa kuliah adalah masa yang sulit dan penuh dengan tantangan. Tetapi apabila kita menemukan masalah-masalah yang rumit, janganlah kita lari dari masalah itu namun hadapi dan selesaikan dengan bijak.

Ada dua jenis masalah dilihat dari bentuknya yang biasa menjadi problem bagi mahasiswa:

  1. Masalah Akademik

Masalah akademik adalah masalah yang berhubungan dengan pelajaran atau tugas-tugas kuliah, misalnya pada saat kita mendapat tugas tesis, menyusun skripsi, dan sebagainya. Jika mendapatkan kesulitan dalam hal ini jangan segan untuk mengkonsultasikan kepada dosen wali dengan sopan santun. Tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik dosen tersebut. Setiap dosen memiliki karakter yang berbeda, ada yang senang ber-SMS, maka anda bisa berkonsultasi lewat SMS. Namun, ada juga yang tidak senang berhubungan dengan SMS, maka jangan sekali-sekali anda ber-SMS dengan beliau, akan lebih baik jika bertatap muka secara langsung.

Untuk menyelesaikan masalah akademik ini, kita juga perlu belajar dari para mahasiswa China. Mereka biasa membentuk suatu kelompok belajar yang kurang lebih terdiri dari sepuluh orang untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka, karena mereka memiliki prinsip “Tak ada yang tak bisa dikerjakan jika bersama-sama”, inilah yang patut ditiru dari orang China.

  1. Masalah Non Akademik

Ini adalah masalah umum para remaja bukan hanya mahasiswa. Masalah ini adalah yang paling besar dampak negatifnya dibandingkan masalah akademik. Tidak sedikit mahasiswa yang putus kuliah akibat masalah non akademik. Masalah ini meliputi masalah ekonomi, percintaan, dan sebagainya. Yang terpenting adalah kita harus pandai-pandai mengatur hidup. Banyak mahasiswa yang putus kuliah akibat keterbatasan biaya yang mereka miliki, belum lagi biaya tempat tinggal (kos, kontrak, dsb) bagi mahasiswa yang bertempat tinggal jauh dari keluarganya. Masalah percintaan juga menjadi pemicu lemahnya semangat belajar para mahasiswa, yang lebih parah adalah dapat terjerumus ke dalam perzinahan. Peran lingkungan sangat berpengaruh. Dibutuhkan iman yang kuat dan lagi-lagi peran dosen juga diperlukan dalam hal ini. Konsultasikanlah kepada dosen pembimbing.

Berikut ini adalah yang harus dilakukan mahasiswa agar lancar di perkuliahan:

  1. Usahakan agar jangan pernah terlambat datang ke kampus dan yang terpenting selalu membawa perlengkapan kuliah dan alat-alat tulis
  2. Konsultasikan kepada senior tentang karakter yang dimiliki masing-masing dosen di fakultas agar kita tidak terkejut sewaktu-waktu berhadapan dengan dosen yang tempramen atau terlalu tegang ketika berhadapan dengan dosen yang humoris. Dengan demikian kita akan mudah beradaptasi
  3. Buatlah kelompok belajar untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah dan membahas pelajaran yang akan diujikan
  4. Pertahankan IP agar tidak dibawah nilai 2, kalau bisa nilai IP harus di atas 3. Sebab jika nilai IP dibawa 2, anda bisa di Drop Out, atau jika nasib sedang beruntung setidaknya masih diberi kesempatan satu semester.
  5. Usahakan agar Ujian Semester Bersama dikerjakan sendiri. Itulah pentingnya membuat kelompok belajar, agar anda siap untuk menghadapi Kuis atau Ujian

Dan ini adalah tips agar semua pelajaran yang anda pelajari dapat bermanfaat dan selalu ada dalam ingatan:

  1. Ikhlas dalam belajar. Ada pepatah Arab yang berbunyi, “Ilmu adalah cahaya”, oleh karena itu jika kita ingin belajar ada baiknya untuk membersihkan hati dari sifat yang kotor agar cahaya tersebut masuk ke dalam hati kita.
  2. Imam Syafi’ie pernah mengemukakan enam syarat agar kita bisa mendapat ilmu:

–          Rakus Ilmu

Kita harus rakus dalam ilmu dalam artian kita punya kemauan yang besar dan terus menerus dalam menuntut ilmu.

–          Kesungguhan

Dalam belajar harus disertai niat yang sungguh-sungguh

–          Bergaul dengan orang pintar

Ada pepatah yang mengatakan jika kita berteman dengan tukang parfum maka kita akan mendapat baunya.

–          Sabar

Jangan pernah menyerah dalam belajar dan selalu sabar dalam mengahadapinya.

–          Waktu yang lama

Orang yang dalam tahap pembelajaran pasti membutuhkan waktu yang lama.

–          Kuasailah bahasa asing

Karena ilmu sangat luas, oleh karena itu kita harus bisa berbahasa asing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: